Sertifikasi PSM I

Score PASS. 74 points scored (or 92.5%) out of 80 maximum points

Tidak ada hal lain yang saya lakukan melainkan sujud syukur sesaat setelah melihat hasil assessment dari PSM I (Professional Scrum Master I) dari Scrum.org.

Alhamdulillah. Ini adalah sertifikat profesi pertama saya. Ini juga merupakan salah satu pencapaian kecil saya setelah fokus mempelajari proses Agile bernama Scrum. Kerjaan sebagai Scrum Master di Badr Interactive banyak membantu saya untuk memahami Scrum dan implementasinya di organisasi.

Pencapaian ini adalah langkah awal. Masih banyak hal yang harus saya pelajari. Impian saya adalah meningkatkan proses di organisasi. Saat proses menjadi lebih baik, begitu juga dengan tim dan kualitas software yang mereka deliver. Doakan.😀

Hal ini sebenarnya tidak direncanakan. Namun tanggal sertifikasi 2 Oktober 2016 bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah!

Leave a Reply

