Cerita di Balik Pengembangan Aplikasi Sikremut

Sudah lama kami tidak berkumpul, berdiskusi hangat untuk suatu impian kami. Di ujung diskusi, hanya ada diam di antara kami. Memang rasanya sulit untuk menghentikan proyek yang sudah menjadi impian bersama ini. Impian untuk memberikan pelayanan informasi transportasi publik di wilayah Jabodetabek. Tapi apa boleh buat, proyek ini cukup kompleks dan memerlukan sumber daya yang tidak sedikit. Lagipula amanah yang kami pegang masing-masing makin membuat kerja dalam satu tim semakin sulit.

Proyek itu bernama Sistem Informasi Rute Transportasi Umum atau dikenal Sitrum. Sebuah proyek yang didanai dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk menghadirkan informasi rute angkutan kota dan bus umum di Jabodetabek akhirnya berada di titik penghabisan. Tim proyek ini terdiri dari saya Ardi (IK 08), Ade Kurniawati (IK 08), Yasmin Khairina (IK 08), Andreas Senjaya (IK 07), dan sang penanggung jawab proyek, Big Zaman (IK 07). Dalam obrolan selama sekitar 1,5 jam, kami masih mencari cara mempertahankan proyek ini.

“Gimana klo kita bawa Sitrum ke kuliah PPL (Proyek Perangkat Lunak) untuk dikembangin lebih lanjut? Gw, Ardo, ama yamin kan bisa tuh. Nanti kita minta dosen biar kita bisa satu tim.” usul Ade Kurniawati.

Usulan Ade dalam obrolan itu akhirnya menjadi kesepakatan tim dan salah satu upaya untuk mimpi bersama ini. Dan ini mungkin adalah upaya terakhir yang bisa dilakukan.

***

“Ahh, ternyata kenyataan berkata lain. Ga satu kelompok jadinya.” keluh saya. Akhirnya upaya untuk membawa Sitrum ke kuliah PPL kandas. Kelompok kerja tim sudah ditentukan dari dosen sebelumnya. Kami harus menerimanya dengan lapang dada. Saya, Ade, dan Yasmin terpencar ke kelompok PPL yang berbeda. Sebenarnya tidak masalah jika salah satu dari kami mengajukan ide Sitrum, akan tetapi hal itu berarti dia harus berjuang ‘sendirian’ bersama tim PPL-nya.

Demi melanjutkan semangat Sitrum, saya mencari ide lain tapi masih di domain masalah transportasi publik. Apa boleh buat, sudah terlanjur jatuh cinta untuk solusi domain masalah ini. Masalah yang akan dicari solusinya harus sederhana dan mudah dimodelkan. Akhirnya, tercetuslah untuk pengembangan aplikasi untuk kereta komuter di Jabodetabek untuk kuliah PPL. Sebuah sistem yang fokus untuk pelayanan informasi mengenai kereta rel listrik atau kereta komuter di Jabodetabek. Sistem ini bisa membawa pelayanan informasi yang lebih baik dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengguna dalam menggunakan moda transportasi kereta komuter.

Ide ini saya diskusikan dengan tim Sitrum kami. Ade, Yasmin, Jay, dan Big pun setuju untuk ide tersebut. Setelah melewati pembicaraan panjang, Fitria Nila Kanti (IK 08) dan Mira Roderica (IK 08) sebagai tim PPL saya pun akhirnya setuju untuk menjadikan ide pelayanan informasi kereta komuter untuk jadi proyek kuliah selama satu semester. Senangnya. Sepertinya ini akan jadi kuliah yang menyenangkan satu semester ke depan. Impian dan semangat baru hadir kembali.😀

Oh ya, nama sistem ini kami sebut Sikremut, Sistem Informasi Kereta Komuter.

***

Tak terasa satu tahun telah berlalu. Tepat tanggal 2 Mei 2012, pertama kalinya Sikremut tersedia di pasar aplikasi Android bernama Google Play. Akhirnya impian kecil itu berhasil diwujudkan hari ini.

Sikremut Akhirnya Di-publish
Link unduh: https://play.google.com/store/apps/details?id=sikremut.apps

Sikremut pada rilis awal masih dalam versi 0.7. Masih ada rencana pengembangan untuk Sikremut ke depannya. Dan ini adalah fitur-fitur yang berhasil dibuat.

  1. Penyediaan informasi jadwal keberangkatan kereta. Tersedia kemudahan untuk melihat perjalanan kereta sepanjang hari maupun kereta pada waktu berikutnya.
  2. Penyediaan peta yang menunjukkan penandaan stasiun kereta dan pewarnaan rute kereta. Pengguna bisa melihat stasiun yang ada, dan stasiun yang terhubung dengan stasiun lain melalui representasi visual peta
  3. Rekomendasi stasiun terdekat dengan pengguna dan cara mencapainya melalui visualisasi peta
  4. Penyediaan alarm untuk menandakan stasiun tujuan. Alarm akan berbunyi jika pengguna sudah relatif dekat dengan stasiun tujuan
  5. Catatan singkat, pengguna dapat membuat catatan singkat di aplikasi ini untuk mencatat beberapa info penting seperti harga karcis kereta dan lainnya.

Dan ini adalah sebagian User Interface (UI) dari Sikremut. Perpaduan warna hijau gelap, abu-abu gelap, dan putih memberikan kesan elegan.

Tampilan Sikremut Saat Rilis😀

Untuk mencapai titik ini, Sikremut melewati proses-proses penting. Setelah pembuatan prototype Sikremut oleh saya, Nila, dan Mira dalam kuliah PPL selesai, pengembangan dan penyempurnaan aplikasi dilanjutkan setelahnya. Akhirnya saya meminta bantuan Ade dan Yasmin untuk turut membantu pengembangan aplikasi Sikremut dalam bingkai semangat Sitrum. Beberapa fitur dikembangkan dan database jadwal kereta komuter dilengkapi sesuai database publik. Fitur yang bagus tanpa desain UI yang bagus tentu terasa kurang menarik bagi pengguna. Akhirnya Wanda Kinasih (SI 09) dan Radityo Eko Prasojo (IK 08) membantu membuatkan desain UI yang elegan, sederhana, dan intuitif untuk Sikremut. Dalam tahap pengembangan Sikremut, tidak sedikit teman dekat tim kami yang terlibat dalam memberikan masukan, kritikan, dan arahan. Banyak juga doa dan semangat untuk tim pengembangan Sikremut ini.

Pengembangan Sikremut tidak berhenti sampai di sini. Masih banyak kekurangan yang harus kami perbaiki. Masih banyak juga rencana pengembangan Sikremut ke depannya, baik dari sisi fitur maupun perluasan ke platform lain. Kami masih memiliki impian untuk melihat transportasi publik menjadi primadona masyarakat dalam bertransportasi di Indonesia. Kontribusi kecil melalui Sikremut semoga bisa menjadi inspirasi untuk transportasi publik di Jabodetabek yang lebih baik dan memacu semangat untuk berbenah memperbaiki pelayanan transportasi publik.

Semoga aplikasi Sikremut bermanfaat.🙂

4 thoughts on “Cerita di Balik Pengembangan Aplikasi Sikremut

    • halo krisna. untuk data jadwal, kami dapat dari data mentah jadwal yang dipublish PT KCJ. untuk data lacak kereta, kita ambil langsung dari website resmi PT KCJ.

      thanks udah gunain Sikremut. moga manfaat.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s